7 Langkah Membangun Bisnis Online (Kisah Sukses Bisnis Online versi Pebisnis Hijab) - Galeri Bisnis

Wednesday, July 17, 2019

7 Langkah Membangun Bisnis Online (Kisah Sukses Bisnis Online versi Pebisnis Hijab)

BISNIS ONLIE
Perkembangan on-line shop atu toko on-line melalui media internet sudah menjamur di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal oleh khalayak ramai. Banyaknya beragam kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat Indonesia menjadikan on-line shop sebagai salah satu "tempat berbelanja" baru selain pusat perbelanjaan.
Hal ini membuat banyak penjual on-line shop yang berlomba - lomba menawarkan produknya dengan berbagai cara untuk menarik konsumen berbelanja, mereka memanfaatkan keadaan dimana on-line shopping sedang dimintai oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Sehingga awal tahun 2015 seorang laki - laki bersama istri mencoba merintis membangun bisnis toko on-line. Saat itu mereka memutuskan untuk berjualan on-line produk hijab. Alasan mengapa memilih hijab karena hijab adalah kesukaan istrinya dan hijab juga menjadi kebutuhan besar muslimah Indonesia.

baca juga :

Investasi Emas? Ketahui 7 Keuntungan Berinvestasi Emas yang Bikin Auto Banyak Duit


Dari awal mereka sudah menyadari bahwa membangun sebuah bisnis toko on-line itu tidaklah mudah, akan menemui banyak rintangan mengingat keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Oleh karena itu mereka berkomitmen untuk menginvestasikan waktu minimal  jam sehari untuk mempelajari bisnis toko on-line dan itu masih dilakukan setiap hari sampai saat ini. Mengingat ilmu bisnis toko on-line itu cepat berubah dan berkembang terus diberbagai aspek yang terkait dengan bisnis toko on-line itu. Mereka juga bersepakat untuk berbagi tugas agar semua bisa berjalan dengan maksimal. Dia bertugas menjadi Digital Marketer dan istrinya bertugas menjalankan operasional toko on-line.

Di awal memulai bisnis, mereka masih menjadi reseller atau menjual produk orang dan dijual secara on-line, alhamdulillah sampai dengan tahun pertama masih bisa bertahan dan menguntungkan, tetapi mereka mengevaluasi bahwa menjadi reseller sebuah produk ada beberapa kelemahan yang mereka catat, antara lain :

KELEMAHAN RESELLER : 


  1. Tidak punya kendali atas mutu dan kualitas bahan dan jahitan
  2. Umumnya produsen membuat syarat harus membeli secara seri-an yang mna ini banyak memberatkan end user (konsumen)
  3. Harus bersaing ketat dengan reseller - reseller on-line yang lain dengan brand yang sama
  4. Update model tergantung dengan produsen
Dari evaluasi yang mereka catat di atas, akhirnya dipertengahan tahun 2017 mereka mantab dan optimis untuk mulai produksi sendiri seluruh produk mereka. Dengan merekrut 5 penjahit yang terlatih dan berpengalaman, alhamdulillah dengan proses promosi yang intensif melalui media sosial, produk mereka cepat diterima pasar dan banyak dibeli oleh reseller on-line yang salah satu alasannya adalah strategi mereka sebagai berikut :

STRATEGI PRODUK CEPAT MENARIK PARA  RESELLER DAN KONSUMEN :

  1. Tidak ada label (merk) yang menempel di produk, sehingga pelanggan yang ingin menjual kembali bisa memberi label sendiri atau pakai nama toko on-linenya sendiri.
  2. Tidak mensyaratkan untuk harus beli secara seri, bebas memilih model, warna, ukuran secara suka - suka dan tanpa minimuj order.
  3. Fokus dan mengutamakan kualitas bahan dan jahitan, karena ini adalah modal jangka panjang yang tidak bisa tergantikan.
  4. Fokus memberikan harga yang menarik sehingga banyak reseller on-line yang membeli atau menjual produk itu.
Dengan strategi yang mereka jalankan, alhamdulillah saat ini mereka sudah memiliki jaringan reseller on-line hampir 10.000 yang tersebar di seluruh Nusantara. Jumlah tim produksi saat ini sudah hampir 100 personil, 20 personil team toko on-line dan kapasitas produksi mencapai 1500 sampai 2000 produk setip hari. 
Semua itu berkat kerja keras dan kerja cerdas dan senantiasa ikhlas dalam menjalankan usaha. Berikut ini tips dan trik yang mereka lakukan dalam menjalankan bisnis toko on-line mulai nol dampai besar seperti sekarang ini :

7 LANGKAH MEMBANGUN BISNIS TOKO ON-LINE 

1. Pnnya Niat dan Semangat yang Kuat
Langkap pertama ini sangat penting karena merupakan pondasi dalam melanjutkan ke langkah - langkah berikutnya. Dengan punya niat dan semangat yang kuat seseorang tidak mudah terpengaruh dan berkeyakinan bisnisnya harus dilakukan sampai sukses dan berhasil.
2. Punya Produk atau Jasa yang Bisa Dijual Secara On-line
Produk atau jasa yang akan dijual secara on-line bisa ditempuh dengan membuat produk sendiri atau menjualkan produk oranglain, bisa dimulai dengan menjadi reseller atau drop shipper. Masing - masing punya kelebihan dan kekurangan dan harus siap dengan resikonya.
3. Punya Mentor atau Pembingbing
Dalam membangun sebuah bisnis toko on-line supaya cara dan langkah kita terarah sebaiknya punya mentor yang ahli di bidang toko on-line. Saat ini banyak channel YouTube gratis yang di share oleh para praktisi bisnis toko on-line yang menceritakan cara maupun strategi bisnis toko on-linenya.
4. Pasarkan Produk atau Jasa Melalui Media Sosial dan Marketplace
Memasarkan produk melalui media sosial fokus di Facebook, Instagram dan YouTube sedangkan di marketplace fokus di satu marketplace saja, bisa di Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia atau marketplace yang lain. Semua media toko on-line harus kita optimalkan agar hasil maksimal
5. Fokus dan Tidak Mudah Terpengaruh
Fokus dan tidak mudah terpengaruh ini artinya jangan mudah pindah haluan, terus saja percaya dengan rencana - rencana kerja yang sudah dibuat sampai berhasil. Selalu evaluasi kesalahan - kesalahan yang dibuat hingga mendapat solusinya yang hasilnya maksimal. Tidak mudah silau atau tergiur dengan melihat toko on-line sebelah yang kelihatan lebih ramai, tetap saja fokus karena pada dasarnya semua produk atau jasa itu ada pasarnya. Tugas kita adalah menemukan pasarnya dan jika sudah ketemu senantiasa kita pelihara agar awet dan bertahan lama
6. Optimasi dan Scale Up (Meningkatkan) Bisnis Toko On-line
Yang dimaksud optimasi dan scale up bisnis toko on-line adalah :
  1. Punya terget penjualan yang jelas terukur
  2. Punya rencana kerja yang jelas
  3. Punya team kerja yang solid
  4. Punya strategi - strategi yang handal
  5. Punya sistem toko on-line yang baik
7. Selalu Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
Selalu berdoa, emnunaikan kewajiban zakat, banyak sodaqoh, dan selalu minta doa restu orang tua. Sesuai keyakinan kita bahwa Yang Maha Esa akan mengabulkan doa hamba-Nya.

Oke para calon orang sukses, diatas adalah sebuah kisah nyata dari seseorang yang bisa sukses menjalani bisnis on-line. Semoga kisah dan kiat beliau bisa memotivasi kita, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

JANGAN LUPA! LIKE DAN SHARE
Comments


EmoticonEmoticon